Fish

Jumat, 21 Januari 2011

Mengetahui plus minus ikan lele

jika kita ingin memelihara/merawat hewan atau pun sesuatu,ada baik nya kita juga mengetahui plus minus dari apa yang ingin kita pelihara,,nah karena judul blog saya ikan lele jadi saya akan menerangkan plus minus dari pemeliahraan ikan lele..:

plus ( + )

1.ikan lele merupakan ikan yang makanan nya tidak spesial/khusus.
2.ikan lele merupakan ikan yang mudah/cepat besar.
3.ikan lele tidak memerlukan perawatan khusus dalam perawatannya.
4.ikan lele tidak memerlukan kolam yang khusus dan bisa dimana saja.
5.ikan lele lebih kuat terhadap peyakit dibandingkan dengan ikan yang lain..
6.ikan lele merupakan ikan yang memiliki pangsa pasar yang luas dibandingkan ikan air tawar yang      lain 
7.ikan lele merupakan ikan yang merakyat atau ikan yang bisa di jumpai dimana saja di seluruh            indonesia dan dalam bentuk hidangan yang berbeda".

minus ( - ) 

1.ikan lele merupakan ikan kanibal yang bisa memakan sesama nya.
2.ikan lele juga bisa menjadi kuntet/tidak mau besar jika kolam/ruang gerak nya kecil.
3.ikan lele rentan terhadap rumput jdi kita harus lebih sering intuk mengontrolna.
4.ikan lele merupakan ikan yang merkayat jadi bila hendak menjual na kita harus siap memiliki             banyak saingan. 

Nah,demikian lah dulu untuk postingan saya kali ini ntar akan saya sambung kembali.. 

Rabu, 19 Januari 2011

cara pemeliharaan ikan lele

nah..saya hanya pemula nih gan.tapi saya ingin berbagi ilmu dengan anda yang ingin mencoba melihara ikan lele..
pertama-tama tentu kita harus siap kan kolam ikan kita..
kolam na bisa kita buat dari kolam tanah,kolam terpal atau pun kolam tembok..tergantung selera dan kemampuan kita..tapi lebih bagus kalo seorang pemula dan memiliki modal yang pas-pasan ada baik nya anda membuat kolam dari terpal aja deh karena lebih irit dan praktis..bahannya

1.tentu na tenda atau pun tenda reklame yang bekas pemilu"itu kita bisa gunakan.
2.bambu atau pun kayu"bekas aja biar lebih hemat.
3.pipa untuk pembuangan air na donk.
4.paku,martil,lem,kawat dan yang penting ya tenaga kita sendiri utk membuat nya kalo mau hemat..

nah setelah kolam selesai..isi air na donk..isi air na pertama dikit aja gan..ya bisa 30-40cm aja trus tarokkan aja jerami padi yang kering diam kan aja minimal na tuh seminggu..setelah seminggu isi air na lagi gan ya tambah kan 20cm lagi tergantung dari bibit yang kita beli dan ingin peliahara kalo bibit na masih kecil"bagus air na gak sah terlalu banyak gan karena ikan na ntar susah untuk bernafas..ikan juga mahluk hidup yang perlu nafas..dan ikan lebih suka bermain didasar air..

nah setelah itu beli bibit ikan gan..untuk melihat bibit ikan yang bagus kita harus selektif memilih nya..karena ada bibit ikan yang tidak mau besar(kuntet) dan ada yang penyakitan,ciri"dari ikan itu penyakitan dia tuh suka bergerak tak tentu arah dan suka menggosok"kan badan na di dinding'kolam nah itu ikan na penyakitan gan lebih baik jangan dipilih..pilih ikan na yang dia aktif bergerak tapi bergerak na teratur ya naik turun gitu..

nah setelah ikan dibeli dan mau dibawa ke kolam harus pelan"bawa na gan karena ikan na masih rapuh dan bisa kena penyakit stres yang bisa menyebabkan kematiab,,memang manusia aja yang bisa mati karena stres,ikan pun bisa juga gan,,ikan kan mahluk hidup juga,,

nah, untuk melepas kan ke kolam ada baik na anda menyesuaikan waktu nya gan,,lebih baik anda melepas na pada pagi atau sore hari karena terik matahari tidak panas,,dan untuk melepas na ke kolam harus pelan"gan karena ikan na kan lom terbiasa dengan air kolam yang kita miliki,,
nah,agar ikan bisa beradaptasi anda buka saja plastik yang membungkus ikan trus anda taruh di kolam anda dengan catatan anda tidak mencampakan na saja ke kolam tapi buka plastik na dan letak kan di kolam sehati"mungkin lalu biarkan,biarkan ikan itu bergerak keluar sendiri..
nah setelah ikan di lepas ke kolam,,INGAT jangan di kasih makan gan,biar kan saja ikan tuh tunggu esok na aja di beri makan,,

nah untuk makanan ikan yang masih kecil kasih aja makanan na pelet 99 atau cacing"halus itu,,kalo mau beri makan pelet 99 itu gan ada baik na pelet na itu anda rendam kan di air dulu kurang lebih ya 1/2 atau satu jam dulu kalo mau praktis,anda bisa menumbuk pelet tuh hingga halus,,karena di dalam peleyt itu ada kandungan dedak na yang bisa nyangkut di ltenggorok kan na,,kalo anda mau ikan na lebih kebal terhadap penyakit ada baik nya pelet na itu anda campur kan dengan super tetra atau tetracyilin dengan menarukan kan di wadah tempat merendam pelet dengan dosis yang di sesuaikan dengan tenggang waktu 2 minggu sekali,,

setelah ikan na mulai besar anda tidak perlu lagi merendam na terlebih dahulu tinggal sebar kan aja,,
kalo ikan na mulai besar lagi anda bisa bisa ganti pelet na dengan pelet 33 karena pelet 99 lumayan mahal gan,,kisaran na 11 rbu-14rbu/kg na,kalo pelet 33 harga na 6-8rbu/kg..setelah ikan mulai besar ada baik na sesekali ikan na anda beri makan yang berbeda gan seperti usus,lemak ayam gan atau telur"ikan..

waktu panen ikan lele relatif cepat dengan waktu kisaran 2 1/2-3 bulan,,setelah panen ya bisa kita jual atau konsumsi sendiri kalo anda seorang jiwa pedagang lebih baik anda sesuaikan  dengan musim cuaca gan karena akan berpengaruh dengan harga ikan,,karena pada musim cuaca buruk nelayan kan pada takut melaut tuh jadi ikan laut kan mahal harga nya jadi ikan lele pun ikutan naik dan masyarakat yang memilki ekonomi yang sederhana tentu beraling dengan ikan yang harga na lebih murah,nah karena ikan lele relatif murah tentu na banyak orang yang mau,,,

catatan nih gan:

1.tiap pemeliaharaan ikan lele tuh dipastikan ikan yang kita pelihara pasti akan gagal sekitar 20% dari jumlah  ikan yang kita pelihara,
2.selama pemeliharaan ikan kalau ada ikan yang mati diangkat dan dibuang biar tidak menyebar ama ikan yang lain gan,ada baiknya air kolam dijaga kebersihan na gan,,kita bisa check air nya atua tidak caranya kita masuk kan aja tangan kita ke dasar kolam,kalo air na bauk ya lebih baik kita ganti airnya gan,,dari pada ikan na mati semua...
3.setelah ikan mulai besar diharapkan tambah kan lagi air kolam na hingga 80cm-1m

nah,dikarenakan saya nih udah capek postingan saya udahan dulu ya gan,,ntar saya sambung lagi kalo ada waktu,,
lebih kurang saya minta maff gan,,